Dekan FTIK : Legal Drafting Penting Untuk mahasiswa

 




Langsa | ARNEWS - Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruaan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA menjadi nara sumber (pemateri) di acara Seminar Legal Drafting yang diselenggarakan Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah ( FUAD) IAIN Langsa di aula biro Rektorat kampus setempat, Kamis, (20/7).

Doktor Emi sapaan Dr. Amiruddin Yahya Azzawiy, MA mengatakan, seminar legal drafting sangat penting bagi mahasiswa, khusus bagi pengurus (anggota) Senat Mahasiswa (Sema), karena Sema merupakan lembaga legislatif mahasiswa, yang salah satu tugas dan wewenang membuat peraturan.

Mahasiswa harus mengetahui secara teoritik, apa yang dimaksud dengan legal drafting, baik secara definitif maupun maksud dan tujuan legal drafting dibuat. Tentu, pengetahuan ini akan membuka cakrawala berfikir lebih lebar dan luas. 

Meskipun legal drafting dibedakan dengan legislative drafting. Perbedaan keduanya tidak signifikan, hanya pada kewenangan institusi, dan kapasitas masing - masing. Akan tetapi, bagi mahasiswa legislative darafting akan sangat membantu pemahaman mahasiswa dalam memahami dan merumuskan legal drafting, sebut Doktor Emi.

Selain itu, kata Doktor Emi, yang harus diperhatikan dalam menyusun legal drafting, yaitu; teori, asas dan kaidah, yang mengacu pada peraturan perundang - undangan dan norma, dan relefan dengan praktek hukum universal supaya nanti produk legal drafting terlindungi secara hukum.

Acara seminar legal drafting mengambil tema "Upaya memberikan pemahaman legislative dalam rangka terciptanya Ormawa FUAD yang bersinergi". Acara ini diikuti oleh pengurus dan anggota Sema FUAD IAIN Langsa.


Laporan : Aulia Ramadhan, S.H

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post