Asam Sunti Bumbu Dapur Khas Aceh


Asam sunti merupakan salah satu bumbu dapur yang berasal dari Aceh, ia telah menjadi rahasia kelezatan beragam kuliner khas Aceh. Asam sunti terbuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan dibawah terik matahari. Proses pembuatannya yaitu dengan ditaburi garam pada belimbing wuluh kemudian disimpan ditempat yang teduh agar meresap lalu baru dijemur kembali.


Bumbu dapur ini, sering digunakan untuk mengolah makanan khas Aceh seperti Asam Keueung, Keumamah, Kari, Sambal dan berbagai macam kuliner lainnya. Penambahan asam sunti di dalam makanan akan menghadirkan kesegaran dari rasa asam yang dihasilkan asam sunti yang kemudian dipadukan dengan rempah lainnya, maka tidak heran jika asam sunti selalu menjadi andalan masyarakat Aceh.


Salah satu kelebihan dari bumbu dapur ini selain menawarkan cita rasa yang unik dan segar, bumbu ini bisa bertahan lama dan proses pembuatannya juga tidak ribet, cukup mempersiapkan belimbing wuluh segar dan garam lalu proses penjemuran yang maksimal. Hingga warna belimbing berubah agak kecoklatan. 


Asam sunti bisa kita dapatkan diberbagai pasar-pasar tradisional di Aceh. Namun sekarang, bagi masyarakat yang ingin menikmati kenikmatan dari bumbu dapur ini, tidak perlu repot-repot harus ke tanah rencong dulu, karena berbagai platform digital online shop di Indonesia juga menjual bumbu dapur ini. Jadi, bagi yang penasaran buruan di order. Dijamin ketagihan dan berlangganan. 


(Penulis : Khaidir, Mahasiswa IAIN Langsa)

1 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post