Dosen IAIN Langsa Narasumber Bintek Implementasi Kurikulum Merdeka MTs dan MAS Al-Washliyah kota Langsa.

 


Langsa, ARNEWS | Madrasah MTs bisa dan MAS Al-Washliyah Kota Langsa Rabu (22-2-2023) mulai melaksanakan pelatihan Implementasi Kurukulum Merdeka bagi guru-guru yang ada dalam lingkungan Madrasah Al-Washliyah Kota Langsa. hal ini dilakukan sejalan dengan pembukaan pendaftaran sekolah yang akan menerapkan Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 yang berlangsung hingga 31 Maret 2023 mendatang. 


Kepala MA Al-Washliyah Kota Langsa Usman menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kapasitas guru dalam mengajar agar sejalan dengan kurikulum merdeka sebagaimana yang dicanangkan oleh Kemendikbud Nadim Makarim. 


Kegiatan ini dilakukan dengan mengundang Instruktur nasional sekolah penggerak yang saat ini bertugas sebagai fasilitator sekolah penggerak di kementerian Pendidikan, dan juga dosen pada prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa Dr. Marzuki, M.Pd, dan M. Zaiyar, M.Pd,  sebagai narasumber dalam kegiatan ini lanjut Usman.


Sementara kepala madrasah MTsS Al-Washliyah Husaini, secara dini menyikapi perubahan paradigma pendidikan pasca pandemi sehingga terjadinya learning lost. Menyadari hal tersebut, untuk mengejar ketertinggalan proses pembelajaran di madrasah, maka dilakukan kegiatan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, untuk menunjang kemampuan profesionalisme gurunya di kurikulum merdeka.


Narasumber berharap pelatihan yang sudah diberikan dapat membelaki dewan guru berkolaborasi dengan mandiri dalam membuat Modul Ajar (MA), dan Modul Projek (MP), serta implimentasi dalam kelas bersama siswa, sehingga proses pembelajaran yang terbuka dan dinamis, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. 


Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik, baik kepada diri sendiri, peserta didik lainnya serta kepada pendidik.(*)

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post